PEREDARAN NARKOBA DI KALANGAN PELAJAR MENINGKAT


Sebanyak 150 pelajar SMU Swasta Taman Siswa Binjai mengikuti sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang digelar Badan Kesbang Linmas Kota Binjai, Rabu (02/05) di aula sekolah tersebut. Sosialisasi menghadirkan narasumber Kasat Narkoba Polresta Binjai AKP Lamsan Manurung SH dan dari Gerakan Anti Narkoba (GAN) Sumut Fitriyanti S. Sos.

Menurut Lamsan Manurung jumlah pengguna narkoba khususnya di kalangan pelajar sekolah di Kota Binjai terus meningkat yang biasanya berawal dari kegiatan coba-coba, lalu ketagihan. Pencegahan terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba di sekolah sangat penting guna memangkas jaringan peredaran narkoba mengingat lembaga ini disinyalir juga menjadi target utama peredaran zat berbahaya dan merusak generasi bangsa tersebut. Tidak jarang para bandar narkoba merekrut para pelajar untuk menjadi pengedar di lingkungan sekolah. Lamsan Manurung menegaskan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba telah menjadi prioritas pihak kepolisian. Karenanya para pelajar jangan-coba-coba menjadi pengguna apalagi pengedar narkoba.

“Semua pelaku penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba akan ditindak tegas,” ujarnya. Sementara Fitriyanti S.Sos mengatakan banyak mitos tentang narkoba yang sebenarnya menyesatkan seperti menggunakan narkoba agar gaul dan trend, dapat meningkatkan kepercayaan diri, lebih segar dan lebih sehat. Padahal, sebenarnya pemakaian narkoba menyebabkan meningkatnya gangguan kesehatan mulai dari kerusakan otak, gangguan fungsi seksual, gangguan fungsi organ sampai penularan virus HIV/AIDS, meningkatnya kekerasan dan kriminalitas, menyebabkan hilangnya harta, serta hancurnya sebuah masyarakat atau hilangnya generasi (lost generation).

“Akibat kerusakan otak, akan berkuranglah daya memori, daya pikir, daya analisis, daya nalar dan daya antisipasi. Tidak heran kalau ada pengguna narkoba yang tidak tahu lagi namanya sendiri, “ katanya. Kepala Badan Kesbang Linmas Kota Binjai, Lukman MD SH didampingi Kabid Penanganan Masalah aktual, Ramli Silitonga, mengatakan sosialisasi bertujuan memberi pemahaman kepada peserta tentang bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang merupakan bahaya terbesar bagi kehidupan manusia. Selain itu guna menangkal sedini mungkin masuknya narkoba di lingkungan sekolah yang ada di Kota Binjai.

“Sosialisasi seperti ini akan terus kita laksanakan di sekolah-sekolah secara bergiliran,” kata Lukman.

Anak kampung, asal binjai

Tagged with:
Ditulis dalam Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

PageRanking
Komentar Terbaru
Tyaz di Beasiwa semoga bermanfaat
Statistik Pengunjung
  • 19,125 hits
Mei 2007
S S R K J S M
« Feb   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d blogger menyukai ini: